Atara Hak dan Kewajiban

22 Nov

“ Kesejahteraan bersama akan tercapai bila setiap warganya melaksanakan hak dan kewajibannya masing-masing”

 

Dalam hal ini sebenarnya plato sudah mengutarakan dan memaklumi warga polisnya menyadari bahwa hak dan kewajiban dari masing – masing masyarakat harus ada dan dilaksanakan. Hal ini juga diawali di Perancis sejak Rousseau dan memuncak pada revolusi Perancis. Bila dipahami secara matang dalam kehidupan ini ada banyak ketidak adilan social anatara pemerintah dan rakyatnya, dari masyarakat banyak yang masih perlu ditindaklanjuti agar masyarakat yang tertinggal dari dunia pendidikan untuk segera mendapat pengetahuan dan pembelajaran dan inilah menjadi kewajiban dari pemerintah dan masyarakat memperoleh haknya, hak inilah akan menumbuhkan suatau kewajibannya sebagai masyarakat Indonesia, menjaga melindungi serta memajukan bangsa Indonesia.

Hak merupakan kepunyaan dari setiap insan di dunia, dan mereka seharusnya memperoleh hak untuk hidup saling memahami, dan harmonis. Dan kewajiban merupakan tugas mereka sebagai manusia serta sebagai warga Indonesia, yang cinta tinah air, dan juga cinta pada Tuhannya. Sebenarnya kewajiban itu akan muncul dari setiap hati manusia akan hak sebagai dirinya dipenuhi oleh pemerintah. Namun pada realitanya masyarakat yang miskin dan tertindas merajalela akibat lahan mereka di evakuasi da gusur oleh yang berwajib, seharusnya pemerintah sebelum melakukanya memberi solusi dan tempat yang mapan agar dalam memperoleh mata pencahariannya dapat diatur kemudian. Bila penggusuran ini terjadi sebelum ada solusi buat mereka akan menambah angka pengangguran dan kemiskinan.

Melalui pembukaan UUD 45 dalam alenia IV disebutkan bahwa Negara Indonesia suatu persekutuan hidup bersama, bertujuan untuk melindungi warganya. Hal ini akan menjadi omong kosong pemerintah jika pemberlakuan diatas semakin dikembangkan, dan akan menyengsarakan masyarakatnya sendiri dan penuh pembodohan. Berkaitan dengan kewajiban “ … pemerintah Negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia untuk memajukan kesejahteraan umum dan kehidupan bangsa ..”. dalam hal ini pendidikan dan kesejahteraan akan menjadi hak masyarakat yang wajib dituntut oleh mereka sebagai warganegara..

Warganegara merupakan masyarakat tetap di suatu wilayah dan rakyat tertentu dalam hubungannya dengan Negara, yang mempunyai hak untuk dilindungi dan hak-hak lain yang harus diberikan pada warganya, oleh karena itu pemerintah mempunyai kewajiban untuk hal-hal tersebut. Masyarakat Indonesia banyak sekali yang belum memperoleh kesejahteraan apalagi ditambah dengan banyaknya bencana di Indonesia, kemiskinan adalah hak hidup untuk kita hapuskan dan kesejahteraan mereka adalah yang utama, agar bisa bersama-sama menjalani hak dan kewajiban sebagai warga Indonesia, kita berusaha bersama-sama memajukan kehidupan bangsa dengan saling memahami satu dengan lainnya.

Membela Negara adalah kewajiban kita bersama yaitu tekad, tindakan yang teratur, menyeluruh terpadu dan dilandasi oleh cinta tanah air serta kesadaran hidup berbangsa dan bernegara dan eksistensi dari pembelaan tersebut adalah bersama-sama berkorban demi mempertahankan kemerdekaan, kedaulatan Negara, persatuan dan kesatuan bangsa, keutuhan wilayah serta nila-nilai pancasila dan UUD 1945.

Seperti halnya bencana yang melanda di negri saat ini, meletusnya gunung merapi di Jogja merupakan wadah untuk satu dengan lainnya bersama-sama memberi pengorbanan walaupun dari materi dan jasa untuk membentuk satu kesatuan bangsa Indonesia. Apalagi kita sebagai mahasiswa mempunyai kewajiban sebagai penerus bangsa yang harus memiliki visi intelektual, religius, berkeadaban, berkemanusiaan dan cinta tanah air dan bangsanya, seharusnya bersikap lebih dan mengerti hal tersebut.

Antara hak dan kewajiban masyarakat dengan pemerintah atau sebaliknya, antara warga satu dengan lainnya ini menjadi salah satu sumber kesatuan umat berbangsa. Penciptaan hidup yang harmonis diperoleh dari pemenuhan hak dan pemberlakuan serta kewajiban dari masing-masing warga Indonesia demi kesejahteraan bersama. Dengan demikian antara hak dan kewajiban harus sama-sama dipenuhi dari pemerintah maupun dari warganya, karena kesejahteraan adalah cita-cita hidup kita bersama, dan kesejahteraan merupakan hak azasi kita bersama sebagai manusia.



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: